KEGIATAN PERLOMBAAN JAMBORE PENANGGULANGAN BENCANA SATLINMAS PROVSU 2010

Kesbang Pol dan Linmas Provinsi Sumatera Utara menggelar kegiatan perlombaan Jambore Penanggulangan Bencana SATLINMAS Provinsi Sumatera Utara yang diketuai oleh H.Darwinsyah, SH sebagai Kepala Badan Kesbang Pol dan Linmas Provinsi Sumatera Utara, yang bekerjasama dengan Satuan Brimob Polda Sumut, Dinas Kesejahteraan dan Sosial Sumut, PMI Sumut, dan TAGANA Sumut.
Dalam kata pengantarnya Kepala Badan Kesbang Pol dan Linmas menyampaikan bahwa "Jambore Penanggulangan Bencana Tingkat Provinsi Sumatera utara ini adalah untuk memberikan pedoman atau arahan kepada peserta jambore mengenai apa - apa saja yang akan dilaksanakan pada saat persiapan dan pada saat pelaksanaan Jambore, dengan tujuan agar setiap peserta memiliki persepsi yang sama dalam melaksanakan setiap tahapan pelaksanaan Jambore. Pelaksanaan Jambore Penanggulangan Bencana Tingkat Provinsi Sumatera Utara ini diharapkan dapat meningkatkan manajemen dan kepemimpinan Satuan Linmas untuk mendukung kapasitas dan pelayanan Pemerintah Daerah / Kabupaten / Kota pada siklus Penanggulangan Bencana, dengan sasaran untuk meningkatkan keterlibatan Linmas dalam Penanggulangan Bencana, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Linmas dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pelayanan Pemerintah Kabupaten / Kota dalam penanggulangan Bencana. membangun kerjasama antar anggota Satuan Linmas untuk kesinambungan Program yang berkaitan dengan Bencana dan menyamakan pemahaman antar personil yang terlibat dalam proses pembinaan dan pengembangan Linmas".
Kegiatan Jambore ini dilaksanakan dari tangal 14 s/d 18 Juni 2010 bertempat di Bumi Perkemahan Sibolangit Kab. Deli Serdang Sumut.

Bahwa hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya pengakuan dan penghargaan kepada Satuan Linmas melalui akses keterlibatan Linmas dalam proses tahapan Penanggulangan Bencana. Terbentuknya sistem kerjasama dan jejaring Linmas di tingkat Provinsi Sumatera Utara dan adanya hasil evaluasi pembinaan serta pengembangan Linmas yang menunjang penguatan kapasitas pelayanan Pemerintahan kepada Masyarakat.
Adapun motto dari Kegiatan Jambore ini adalah "SIAP SIAGA, TANGAP DAN CEPAT".

Jenis Kegiatan Jambore ini dibagi menjadi tiga bagian :
1. Kegiatan pengembangan kapasitas
    Adalah kegiatan yang terkait peningkatan kapasitas personil Linmas, meliputi pengetahuan, wawasan
    dan keterampilan peserta diantaranya tentang Simulasi Bencana dan Diskusi serta penyusunan Rencana
    Kerja Tindak lanjut.
2. Persahabatan
    Merupakan ajang untuk memupuk rasa Sportifitas, menumbuhkembangkan rasa persaudaraan dan
    memupuk rasa memiliki pada setiap individu peserta melalui kegiatan Games Kompetisi dan Olah raga
    Rekreatif serta Hiburan dan pentas Budaya.
3. Lomba Keterampilan
    Kegiatan yang merupakan sarana tolak ukur penilaian terhadap aplikasi dan pemahaman pelatihan yang
    telah diberikan. Peserta diminta untuk memperagakan keterampilan dan kemampuannya terhadap
    Bencana,  tindakan - tindakan yang harus diambil pada saat kejadian Bencana. Lomba ini meliputi:
    - Lomba penataan penampungan sementara ( pasang dan bongkar Tenda Peleton ).

    - Lomba Mountenering ( Vertical Rescue ).

    - Lomba Triage dan First Aid ( Pertolongan Pertama ).

    - Lomba Evakuasi ( pemindahan penderita korban Bencana ).

    - Pengumpulan data dan Pelaporan ( Komunikasi dan Informasi ).


Methode yang dilaksanakan berupa ceramah, diskusi, praktek dan peragaan, kompetisi petualangan dan tantangan serta Simulasi.

Para Peserta Kontingen terdiri dari Sat Linmas, TAGANA, PMI / Dinkes, Pramuka, KOGANA dan P2K yang berjumlah 11 orang ( satu Regu ) dari tiap - tiap Kontingen.

Juri dan Fasilisator Jambore ini berasal dari Badan Kesbang Pol dan Linmas Provsu, Sat Brimob Polda Sumut, Dinkessos Provsu, First Aid Indonesia, dan tenaga ahli sesuai dengan Kompetensi dan jenis kegiatan.

bahwa dalam kegiatan Jambore ini Pihak Panitia menyediakan total hadiah sebesar Rp. 82.500.000 (Delapan puluh dua juta lima ratus ribu rupiah) dengan perincian:
Juara I Rp. 25.000.000
Juara II Rp. 20.000.000
Juara III Rp. 15.000.000
Harapan I Rp. 10.000.000
Harapan II Rp. 7.500.000
Harapan III Rp. 5.000.000

SATGAS BENCANA.....?!    SIAGA!!!
SATGAS BENCANA.....?!    TANGGAP!!!
SATGAS BENCANA.....?!    CEPAT!!!
SATGAS BENCANA.....?!    HU...HU...HA!!!

Selamat & Sukses Satgas Bencana Sumut!!!

1 komentar: